PERENCANAAN DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Secara konseptual, manajemen pendidikan meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan
pengawasan mengenai (sumber daya manusia, sumber
belajar, kurikulum, dana, dan fasilitas) untuk mencapai
tujuan pendidikan secara efektif dan efisien (Engkoswara
1987; ISPI 1995; Manap 1999, 2008). Perencanaan pendidikan
mempunyai peran penting dan berada pada tahap awal
dalam proses manajemen pendidikan, yang dijadikan
sebagai panduan bagi pelaksanaan, pengendalian, dan
pengawasan penyelenggaraan pendidikan.
Perencanaan merupakan suatu proyeksi tentang apa
yang harus dilaksanakan guna mencapai sasaran dan
tujuan yang telah ditetapkan (Kaufman 1972; Hadikumoro
1980). Sebagai suatu proyeksi, perencanaan memiliki unsur
kegiatan mengidentifikasi, menginventarisasi dan menyeleksi
kebutuhan berdasarkan skala prioritas, mengadakan
spesifikasi yang lebih rinci mengenai hasil yang akan dicapai,
mengidentifikasi persyaratan atau kriteria untuk memenuhi
setiap kebutuhan, serta mengidentifikasi kemungkinan
alternatif, strategi, dan sasaran bagi pelaksanaannya.
Kebutuhan terhadap perencanaan pendidikan
diakibatkan oleh adanya kompleksitas masyarakat dewasa
ini, seperti masalah jumlah penduduk, kebutuhan akan
tenaga kerja, masalah lingkungan, dan adanya keterbatasan sumber daya alam. Hal tersebut antara lain dikemukakan
Banghart dan Trull (1973:5) dalam bukunya yang menyatakan
bahwa: “The need for planning arose with the intensified
complexcities of modern technological society. Problems
such as population, manpower needs, ecology, decreasing
natural resources and haphazard aplication of scientific
developments all place demand on educational institutions
for solution”.
Sampai saat ini, pendidikan di Indonesia masih mengalami
krisis besar karena perkembangan dan kebutuhan akan
pendidikan tidak dapat terpenuhi oleh sumbersumber
yang tersedia. Sejak beberapa tahun lalu, Coombs (1968)
dan Manap (1999, 2008) menghimbau agar pendidikan
direncanakan secara seksama. Caranya dengan melihat
pada keterbatasan yang ada dan diarahkan kepada
penyelenggaraan pendidikan yang lebih sesuai dengan
kebutuhan perkembangan masyarakat.
Untuk mengatasi permasalahan pendidikan
secara komprehensif, Banghart dan Trull (1973:120)
merekomendasikan beberapa hal yang harus dicermati
dalam merencanakan pendidikan, di antaranya (1)
mengidentifikasi berbagai kebijakan terkait dengan sistem
pendidikan; (2) mengevaluasi dan mempertimbangkan
berbagai alternatif metode pendidikan dan dalam
kaitannya dengan masalah-masalah khusus pendidikan;
(3) mencermati masalah-masalah kritis yang memerlukan
perhatian, penelitian, dan pengembangan; (4) mengevaluasi
keunggulan dan kelemahan sistem pendidikan yang ada;
serta (5) melaksanakan kajian terhadap sistem pendidikan
dan komponen-komponennya. Perencanaan berfungsi
sebagai pemberi arah bagi terlaksananya aktivitas yang
disusun secara komprehensif, sistematis, dan transparan.
Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang
paling mungkin untuk dilaksanakan. Melalui perencanaan
dapat dijelaskan tujuan yang akan dicapai, ruang lingkup
pekerjaan yang akan dijalankan, orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan itu, berbagai sumber daya yang
diperlukan, serta langkah-langkah dan metode kerja yang
dipilih berdasarkan urgensi dan prioritasnya. Semua itu
menjadi arah dan panduan dalam mengorganisir unsur
manusia dalam pendidikan, pengerahan, dan pemanfaatan
berbagai sumber daya guna menunjang proses pencapaian
tujuan dan dapat dijadikan sebagai alat pengendalian
tentang pencapaian tujuan. Kekeliruan dan kesalahan
semestinya dapat dihindari dengan adanya rencana yang
komprehensif, terintergrasi, dan berdasarkan pada pemilihan
strategi yang tepat. Ketepatan dan keberhasilan dalam
perencanaan menjadi barometer suksesnya pelaksanaan
kegiatan dan bermaknanya proses pengendalian kegiatan
serta menjadi kunci bagi efisiensi pemanfaatan berbagai
sumber daya dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.
http://eksis.ditpsmk.net/uploads/book/file/BAE7D782-739E-4D3B-9795-42DB20797244/Modul_Diklat_Perencanaan_Pendidikan.pdf
http://eksis.ditpsmk.net/uploads/book/file/BAE7D782-739E-4D3B-9795-42DB20797244/Modul_Diklat_Perencanaan_Pendidikan.pdf
Komentar
Posting Komentar